Saturday 15 December 2012

Tes Masuk SMA tercinta

Kali ini aku mau sharing pengalaman soal masuk di SMAN 1 Krian Sidoarjo, sebuah sekolah RSBI terletak di pinggiran kabupaten Sidoarjo . .

Kalo kalian berkunjung ke sana pasti bakal terkagum-kagum sama tamannya :D #promosi
Sekedar intro, sekolah ini diresmikan tahun 7 September 1981 dan diresmikan oleh Bpk Gub. Priyosudarmo, gubernur Jawa Timur waktu itu.
Ok lanjuutt . .


Saat melihat pengumuman SMA pertama kali di mading SMP . .
Waktu itu bulan Mei 2010, beberapa hari setelah sekolahku SMPN 1 Taman Sidoarjo ngadain rekreasi perpisahan di Bali. Iseng aja pas jalan-jalan di depan ruang guru, ada papan pengumuman yg di sananya ditempelin berbagai pengumuman, salah satunya ttg pengumuman masuk SMA RSBI di Sidoarjo. Kebetulan ada 2 SMA di situ, SMAN 1 Sidoarjo sama SMAN 1 Krian . .
Bingung, beberapa lama dibikin mikir juga, enaknya pilih yang mana yaa . . :v

Di rumah, langsung dateng ke mama buat konsultasi, ya udah katanya beliau coba disurvey aja dulu, jadilah aku sama salah satu saudaraku ngunjungin 2 SMA favorit itu #wuusss

Akhirnya setelah beberapa lama setelah itu, aku mutusin ikut tes di SMANIKA aja, secara jaraknya lebih deket plus sama-sama RSBI juga, jadilah waktu itu sekitar minggu kedua bulan Mei sepulang sekolah mama langsung ngajakin daftar ke sana . .

Jaraknya yg lumayan jauh juga bikin sedikit tegang, maklum kalo boleh bilang aku anak rumahan #curhat
Di sana, ada puluhan anak-anak SMP bareng ortunya udah pada registrasi, well di sana udah ada beberapa guru yg udah stand by. Oh ya utk masuk di sekolah RSBI itu salah satu persyaratan utamanya nilai rata-rata raport SMP untuk pelajaran yang di-UNASkan min. 75, sebelum daftar ke sana di ruang guru SMP sama walikelas tercinta yg udah jadi pendamping dari kelas 7-9 Bu Tri Ribawati guru Geografi yang super duper baik dibimbing buat ngitung nilai total di rapot. Setelah pas memenuhi syarat jadi yakin bakal bisa diterima (ada sih nilai bahasa Indo dapet 74 pas kelas 7, gurunya GALAK + JUTEK -,- )


Sehari sebelum tes dimulai . .
Hari minggu 23 Mei 2010, waktu itu aku bareng beberapa saudara ngerayain ultahnya salah satu saudara kami yg kedua di McD di salah satu mall Surabaya. Ketika itu banyak tamu undangan, termasuk juga Chinese yang dari pihak papanya dateng juga (rasanya agak aneh sih berinteraksi dengan bareng mereka, bahkan sampe sekarang).

Beberapa jam keasyikan di sana akhirnya saat galau tentang soal tes pun datang juga  :p pulang malemnya baca-baca buku materi di saat-saat terakhir sebelum tes . .
Ya Allah kabulkanlah impian hamba . .


Hari Pertama
Dag dig dug nunggu hari-H akhirnya tiba juga. Dengan semangat dan optimisme tinggi aku pun berangkat ke SMANIKA buat tes tertulisnya. Sampai di sana, sempet bingung juga cari tempatnya. "DIMANA INI??" #lebay

By The Way, saking luasnya SMANIKA sampai akhirnya kesasar ke ruang guru, hufftt . . Tapi untungnya nggak jauh dari situlah ruang  kelas tesku terletak. Duduk manis, baca buku, nggak peduli lingkungan sekitar ---> ciri khas anak cupu . Kira-kira setengah jam kemudian tes berlangsung tegang dan mendebarkan , soalnya cukup "mudah" dan "santai" (untuk ukuran anak SMA). Sehabis tes cobain jalan-jalan di sekitar tamannya, bagus juga euy meskipun gak sebagus sekarang, lumayan buat refreshing :D


Hari Kedua
Di hari berikutnya, para calon siswa berhadapan dengan psikotes. Tesnya itu meliputi seperti tes kecermatan, hitung cepat, dan daya ingat tentang bangun ruang dengan diberi batasan waktu tertentu dan diselenggarakan SMANIKA bekerjasama dengan lembaga Psikologi UNAIR. Kira-kira kebayang nggak seberapa sulit tesnya?
A : "Tesnya sulit eaa" (pasang muka bete)
B : "Halah gampang kok, dikerjain sambil merem juga bisa :D " #pasrah
C : "Tenang tenang, semua bisa dikabulkan dengan kantong ajaib"  --> gak nyambung

Kuncinya, harus tanggap dan cermat melihat soalnya. Karena diberi durasi kita nggak akan bisa lirik kanan kiri, jadi hasilnya bakalan mendekati murni 100% *bahagia*


Hari Ketiga
Tes ketiga ini adalah tes interview conversation English. Personally we were interviewed face to face with the English teacher one by one (sok inggris). Kebetulan aku kebagian hari pertama, nunggunya lebih lama waktu itu membuat sedikit perbedaan. Ada yang duduk sambil baca buku dialog English, ada yang mainan HP, etc. Terlalu biasa? Ini lho perbedaannya --> soft skill kita terasah. Waktu itu aku berkenalan dengan beberapa temen yang di kemudian hari bakalan jadi temen sesekolah. Masih inget waktu itu kenalan sambil ngomong bareng sama Khoirul Dimas (sekarang anak IPA 6 eks X-5) sama Hyang Iman Kinasih (anak IPA 7 eks X-3) dan sama-sama diinterview oleh Mom Suciasri, guru kelas 12 :* . Lumayanlah bisa mengurangi stress sekaligus menjalin silaturahmi sesama calon murid :) .

Tesnya waktu itu diwawancarai tentang kehidupan kita sehari-hari, motif mengapa kita ingin bersekolah di situ, dll. Dibutuhkan keterampilan berbicara yang bagus, mental yang terasah, serta do'a for passing this kind of test.


Tesnya udah selesai, terus ngapain? Tawakkal, tetap optimis bisa diterima. 
Lanjut ke part terakhir - Menjelang Pengumuman


Sabtu, 5 Januari 2010 . .
Bangun --> bersih-bersih --> persiapan lihat pengumuman
Waktu itu sekitar jam 11-an bareng saudaraku kita bersiap ke sekolah buat lihat pengumuman.
Dan ternyata . .

"Nanti pengumumannya langsung diumumkan jam 12.00 di web resminya langsung," kata pak satpamnya.
Eng ing eng . . Cegek luar biasa, bisa dibayangkan saudara-saudara :D
yaudah kita pulang, di rumah langsung ubek-ubek laptop, sialnya karena waktu itu pulsa modem habis, jadilah tak ada modem telepon rumah pun jadi, dan internetnya pun super duper lemot, jadilah sekitar setengah satu bisa loading sepenuhnya di halaman resminya . .
Hasilnya?

Alhamdulillahirobbilalamin Ya Allah terimakasih atas rahmat-Mu ini . .  Tanggal ini menjadi momen bersejarah bagiku. Dengan nilai cukup tinggi sekitar 91 koma berhasil menduduki peringkat 8 dari 288 siswa. Kebayang betapa bahagianya saat itu, sujud syukur sambil meluk mama . .
Kata saudaraku itu yang nilainya di atas 90 bener-bener kualitas RSBI #aamiin .
Sempet pula sama kerabat yang tinggal deket rumah dihadiahi minuman ringan berupa susu murni pasteurisasi yang biasa dijual keliling, lumayanlah bisa menyegarkan dahaga semangat belajar di jenjang sekolah yang lebih tinggi #hiperbolis .

Insya Allah di sekolah baru ini dapat mendukung cita-cita ke depannya, meskipun mulai saat itu jarak sekitar 25 km pulang pergi harus ditempuh tiap hari. Berbekal semangat man jadda wa jadda, siapa yang bersungguh-sungguh pasti bisa, dengan ini dimulailah sejarah baru dalam kehidupan di masa SMA #ketokpalu .

Welcome to the new world . . :)

5 comments:

  1. Hai kak...:D
    lagi iseng browsing tentang SMANIKA ketemu blog ini..
    infonya bantu banget tuh, makasih ya bisa buat referensi juga buat rencanaku masuk SMANIKA
    btw, aku juga murid SMP 1 Taman :D
    dan calon murid SMANIKA AAMIIN..

    ReplyDelete
  2. Makasih dek, selamat dan sukses ya masuk SMANIKA :)

    ReplyDelete
  3. Nemu blog ini ada nama SMANIKA jd inget Krian, inget SMANIKA inget taon '80an, maklum ane SMANIKA angkatan '83 yg sekarang dah beranak cucu di batavia. Ane dl jur IPS (mngkin ada angk. '83 yg baca blog ini ayo kita inget2 lg wkt kita dikala itu penjurusan maju yerus mundur ga bisa krn wkt itu sesuai kurikulum baru jur IPA IPS dihapus diganti nama lain jur A1 A2 bahasa ??? Jg angkatan '83 harus naik kelas nan harus diluluskan). Dl ga ada gank2 an anak IPA IPS kompak jaya walau kadang yg suka iseng and sadis anak IPS hehehe...dl SMANIKA sekolah ditengah persawahan jalanan msh sepi sebagian besar siswanya brangkat pulang msh jalan kaki susah angkutan umum paling2 becak itupun u kalangan borju ato yg pingin dianggap borju. Sejarah sekolah favorit iyu dah dr jaman nenek moyangnya. Unt msk SMANIKA susah dan bangga bs jg siswanya (walau dl SMPN 1 Krian minded) sebagian bsr yg diterima jebolan SMPN tsb. Tp jgn salah SMANIKA dr dulu dah jd sasaran tembak siswa2 SMP yg berani adu nilai kelulusan utk bertarung daftar disana. Afa kebanggaan tersendiri klo bs msk SMANIKA. rekan2 yg dr Tarik, Mojosari, Prambon, Sepanjang, Krembung, Tulangan, Sidoarjo, Legundi, Karangpilang, Sepanjang, bahkan wkt angk. ane dah ada anak yg dr daerah agak jauh mis. Lamongan, Jakarta, Surabaya. Jd ga aneh klo anda bangga jd siswa SMANIKA krn dr jadul emang aura SMANIKA membanggakan, dibanggakan dan harus menjadi kebanggaan

    ReplyDelete
  4. Nemu blog ini ada nama SMANIKA jd inget Krian, inget SMANIKA inget taon '80an, maklum ane SMANIKA angkatan '83 yg sekarang dah beranak cucu di batavia. Ane dl jur IPS (mngkin ada angk. '83 yg baca blog ini ayo kita inget2 lg wkt kita dikala itu penjurusan maju yerus mundur ga bisa krn wkt itu sesuai kurikulum baru jur IPA IPS dihapus diganti nama lain jur A1 A2 bahasa ??? Jg angkatan '83 harus naik kelas nan harus diluluskan). Dl ga ada gank2 an anak IPA IPS kompak jaya walau kadang yg suka iseng and sadis anak IPS hehehe...dl SMANIKA sekolah ditengah persawahan jalanan msh sepi sebagian besar siswanya brangkat pulang msh jalan kaki susah angkutan umum paling2 becak itupun u kalangan borju ato yg pingin dianggap borju. Sejarah sekolah favorit iyu dah dr jaman nenek moyangnya. Unt msk SMANIKA susah dan bangga bs jg siswanya (walau dl SMPN 1 Krian minded) sebagian bsr yg diterima jebolan SMPN tsb. Tp jgn salah SMANIKA dr dulu dah jd sasaran tembak siswa2 SMP yg berani adu nilai kelulusan utk bertarung daftar disana. Afa kebanggaan tersendiri klo bs msk SMANIKA. rekan2 yg dr Tarik, Mojosari, Prambon, Sepanjang, Krembung, Tulangan, Sidoarjo, Legundi, Karangpilang, Sepanjang, bahkan wkt angk. ane dah ada anak yg dr daerah agak jauh mis. Lamongan, Jakarta, Surabaya. Jd ga aneh klo anda bangga jd siswa SMANIKA krn dr jadul emang aura SMANIKA membanggakan, dibanggakan dan harus menjadi kebanggaan

    ReplyDelete
  5. Lagi kangen browsing SMANIKA digugel eh nemu ini. Jadi makin kangen dan bangga sama SMANIKA, btw cerita nya nih aku mantan anak SMANIKA alias pindah. Jadi sempet ngerasain sekolah di sini 1 semester, aseli gamau pindah tapi karna jauh dari rumah disuruh pindah deh hm padahal udah nyaman banget sama SMANIKA *elah jadi curhat, hehe maapkan kak

    ReplyDelete