Saturday 9 May 2015

Rekomendasi Buku Kedokteran Tahun Pertama (Mahasiswa FK, terutama Maba)

Salam sehat teman” semua :-D

Akhirnya setelah sekian lama berkutat di dunia mahasiswa FK setahun yg penuh jadwal dan tekanan tantangan, akhirnya waktunya buat ngeblog! Aku mau sharing nih, apa sih buku-buku panduan (text book) yang biasanya dipake oleh anak-anak FK? (cerita ini based on true story). Khusus kali ini aku mau bahas untuk yang tahun pertama yaa :D

Sekadar pendahuluan nih, perjuangan menuju dokter banyak tantangannya juga lho (mungkin sebagian kalian udah ngerasain awalnya kan). Nah kalo dari awalnya aja udah gitu, pasti kalian akan menghadapi tantangan yg step by step merangkak naik, ngerasain gimana ketatnya belajar jadi mahasiswa FK. Salah satunya, kita harus membaca text book yang cocok banget buat bantal tidur #eaa .

List berikut merupakan pengalaman penulis selama setahun  tentang beberapa text book yang cukup dikenal yang tersedia untuk masing-masing bidang ilmu.Oh ya berhubung antara satu FK dengan FK lain punya sistem kurikulum yang berbeda, penulis sesuaikan dengan FK penulis yaa ;) Nah apa aja sih buku-buku rekomendasi tahun pertama buat maba FK? Cekidoott..


1. Biokimia
 
Di mata kuliah ini kita akan mengulangi pelajaran yang dulu pernah kita pelajari di SMA, cuma ada pendalamannya sedikit. Nah ini basic science yang kudu dikuasai juga, tentang molekul-molekul organik yang ada di tubuh makhluk hidup. Untuk buku ini direkomendasikan menggunakan buku Biokimia Harper atau Biokimia Stryer. Kalo mau yang ada terjemahannya biasanya kita pake yang Harper.








2. Biologi
Mata pelajaran yang dari SMA kelihatan dokter bangeet ini mungkin ada beberapa FK yang nggak nyertain di tahun pertama. Untuk mapel ini biasanya ada Biologi Campbell yang sangat membantu. Sekadar informasi bukunya ini ternyata lumayan enak dibaca lho (banyak gambarnya) :D juga biasanya dipakai sama mahasiswa jurusan Biologi dan anak-anak Olimpiade Biologi #wuss 8-)





3. Embriologi
Embriologi ini mempelajari mengenai proses pembuahan sperma dan ovum sampai kelahiran serta organogenesis dan penyakit yang timbul saat masa kehamilan. Mungkin kalo kalian bercita-cita jadi spesialis ObsGyn ga ada salahnya beli buku Embriologi Langman.





4. Anatomi
Time to rock !! Saatnya kita ke mapel terfenomenal : ANATOMI !! (jeng jeng..)
Mapel ini sudah jelas, mempelajari bagian tubuh manusia, organ, topografi geografi kartografi dari tubuh manusia, mulai dari os (tulang), otot (musculus), sampai organ-organnya. Untuk mapel ini bersiaplah belajar dengan tekun karena kabar gembiranya kalian bakal lolos nilai bagus kalo belajar tekun (ya iyalah) :D 

Untuk mapel ini ada beberapa buku, yang terkenal ada Anatomi Sobotta, Netter, Yokochi. 
Kalo Sobotta harganya relatif mahal (jutaan) tapi cukup lengkap pembahasannya, bukunya ada tiga jilid. Untuk Netter jauh lebih murah, gambarnya cukup menarik dan relatif besar ukurannya, namun minim pembahasan. Untuk Yokochi ini gambarnya merupakan foto kadaver asli (yang gak tau kadaver, disarankan silahkan googling sebelum tidur) dan harganya diantara dua buku di atas.
Ada lagi buku yang membahas secara klinis gimana Anatomi itu berguna banget saat di klinik nanti, contohnya seperti Anatomi Moore. Tips memilih buku Anatomi ini yaitu sesuaikan dengan minatmu :p juga pastikan beli yang berbahasa Indonesia, kadang yang berbahasa Inggris nggak ada bahasa latinnya.












5. Histologi
Mapel yang nggak terpisahkan sama Anatomi ini mempelajari tentang susunan sel-sel manusia bila dilihat secara mikroskopis. Jadi si Histo ini bisa dibilang anatomi mikrosnya. Untuk Histo ada yang make Histologi Junqueira, Di Fiore, ada juga yang nyaranin pake Histologi Leeson Paparo. Kalo Junqueira pembahasannya cukup detail. Kalo Di Fiore lebih dominan gambarnya dan pembahasan klinis, dan yang terakhir aku gak tau :p (gak pernah make soalnya).






6. Fisiologi
Buat kalian yang suka memahami, berproses, berlogika, it should be your favorite lesson! Fisiologi atau faal ini mempelajari bagaimana tubuh kita menjalankan prosesnya sehari-hari. Yang terkenal ada tiga, ada Fisiologi Guyton & Hall, Ganong, Sherwood. Testimoni dari salah satu web anak FK bilang, "Guyton tuh bahasanya mudah dipahami, dan pembahasannya juga cukup mendalam dan komprehensif. Bagus banget. Sherwood tuh buku Fisiologi yang paling simple. Basic dan mudah dipahami. Hanya saja pembahasannya tidak sedalam Guyton. Ganong tuh buku fisiologi yang paling komplit pembahasannya sampai kedokteran molekuler pun dikupas habis. Sayangnya, kalau kata saya sih,, bahasanya cukup rumit." Penulis cuma tahu yang Guyton, hehehe.






7. Mikrobiologi & Parasitologi
Lepas dari trio maut Anat Histo Faal (kalo di sini dibuat trio soalnya :D ) ada materi Mikro dan Parasit. Di Mikro kita mempelajari materi organisme kecil seperti bakteri dan pengaruhnya terutama yg patogenik pada manusia, sedangkan di Parasito kita belajar organisme yg menyebabkan penyakit pada manusia yg ukurannya makroskopis. Untuk Mikrobio biasanya ada dari Jawetz, sedangkan Parasit kita pake yg dari UI.




 

8. Patologi
Bidang ilmu ini mempelajari soal penyakit, ciri-ciri, dan perkembangannya pada manusia. Untuk blok ini kalian harus paham basic nya terutama histologi (seperti histo dari otot dan jar.ikat), cz kalian bakal menemui beberapa bahan yg telah diambil dan dibuat preparatnya. Materi seperti infeksi, nekrosis, radang, penyembuhan luka, dll bakalan kalian lahap semua (emangnya nasi :p).

Sebenernya Patologi ini dibagi menjadi dua : Patologi Anatomi dan Patologi Klinik. Bedanya, di PA kita belajar anatomi dan histologi jaringan yg terinfeksi, kalo di PK lebih cenderung ke masalah diagnostik (seperti hasil pemeriksaan lab) dan terapi (selain farmakologi). Di PK berbagai jenis tes untuk mengidentifikasi suatu penyakit bakalan menghantui hidup kalian, terutama kalo disuruh hafalan nilainya :v Untuk bukunya aku saranin buat PA coba pake Robbins PA yg ada dua volume. Buat PK, sebenernya kalian bisa pilih secara random bukunya, secara PK ini bukunya macem-macem dan nggak ada yg menunjuk khusus harus buku ini buku itu. Coba cari di perpus gih, siapa tau bisa ketemu jodoh referensi yg dicari :p



9. Farmakologi
Yup, bidang kedokteran basic berikutnya adalah farmakologi. Ilmu yg mempelajari tentang obat-obatan ini membahas terutama mengenai patofisiologi dari suatu penyakit, cara kerja obat-obat, efek samping yang ditimbulkan, dll. Karena pada dasarnya obat adalah suatu racun, makanya kita ga bisa ngasih sembarang obat lho. Beda obat bisa beda cara pemberiannya. Bisa lewat oral (mulut), parenteral (injeksi aka suntik), suppositoria (anal), dll. Buat calon dokter kudu bener-bener nguasaiin bidang farmakologi nih. Buat rekom bukunya coba pilih bukunya Katzung, disitu dijelasin lengkap semuanya dan.. bukunya TEBEL banget (bisa saingan sama dorland) :D Atau kalo mau buku lain coba farmakologinya FK UI juga bisa.
10. Kamus Kedokteran Dorland
Yang terakhir dan yang terpenting : KAMUS. Ga mau kan dijejali istilah yang bikin mumet ga karuan dan ga tau artinya? Nih wajib punya Kamus Dorland. Ada dua versi : versi jumbo dan versi saku. Ada juga lho yg versi elektroniknya, coba cari di Google Playstore (harus connect internet). 

Pucing pala barbie...

Yup cukup sekian nih tips buku panduan buat anak FK tahun pertama. Kalo ada yg mau ditanyain atau kurang jelas, monggo komentar aja. Yang jelas, untuk jadi dokter yang sukses dan berkompeten ga harus bener-bener hafal isi text book kok. Banyak cara belajar yang bisa diandalin, misal bener-bener merhatiin pas dosen ngasih kuliah, belajar bareng temen-temen, diskusi, dll. Tetep belajar yang rajin ya, kalo ada yang bilang anak FK itu kuper, itu memang benar (kebanyakan gitu, bukunya tebel-tebel sih) :D

Kunjungi juga artikel yang lain : Persamaan Pramuka dengan Dunia Kedokteran  Formalin
SOOCA??  Forensik

64 comments:

  1. Wah makasih banyak infonya. Mau tanya, itu semua wajib dimiliki atau bagaimana? Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya ini opsional, biasanya sih tergantung dosennya biasanya pake referensi apa. Ga harus beli semua kok, kecuali kalo mau koleksi :D Sama-sama :)

      Delete
  2. Kalau buku patologi anatomi yang membahas preparat seperti DiFiore ada ga yang bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok, buku "Atlas Berwarna Patologi Anantomi" karangan dr. Mochamad Aleq Sander. Ada dua jilid bukunya.

      Delete
  3. kuliah dimana ka?

    ReplyDelete
  4. Katanya kalau ulangan itu bahannya 1 buku ya?

    ReplyDelete
  5. Katanya kalau ulangan itu bahannya 1 buku ya?

    ReplyDelete
  6. Kalau ada yang mau format ebook untuk buku di atas,..bisa kontak saya gan. Murah!!

    Ane menyediakan jasa download ebook :D

    SMS/WA:
    08222 622 4207

    ReplyDelete
  7. Wah, sangat informatif sekali. Untuk menambah koleksi buku kedokteran anda silahkan lihat disini secara lengkap: https://www.belbuk.com/kedokteran-c-1-447-279.html. Trimakasih banyak.

    ReplyDelete
  8. Kak, minta tips untuk masuk FK dong kak. soalnya ada niat masuk kedokteran

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, tipsnya belajar & ibadah yg rajin aja dek, coba aja semua univ selama masih mampu & buat jaga"

      Delete
  9. Kak, aku maba fk uht. Tolong recommend buku buku buat persiapan kuliah hehehe makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah selamat ya, welcome to the jungle! :D rekomnya ya buku" di atas, biasanya buat pelengkap materi kuliah, kalo dibaca & ada waktu you're in the right way to become a good doctor.. (y)

      Delete
  10. halo kak, mau menanyakan untuk buku2nya dulu belinya dimana aja ya? atau juga download versi ebook juga? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya beli di tokbuk t*****s dek, utk versi ebooknya jarang, lebih enak baca versi fisiknya

      Delete
  11. Wah terima kasih banyak infonya. Sangat membantu hehe. Salam sejawat

    ReplyDelete
  12. Ka itu smua buku pke bahas indo smua, trus kk msk univ mnaa

    ReplyDelete
  13. Ka itu smua buku pke bahas indo smua, trus kk msk univ mnaa

    ReplyDelete
  14. Suka duka masuk FK apa kak?
    Hahaha

    ReplyDelete
  15. Hai kak, masuk fk itu harus anak yang emg bener2 pinter atau harus yang gimana sih kak?
    Oh iya, kalau cari baca buku fk mendingan yang versi terjemahan indo atau mending yg eng aja? makasih kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo anon.. sebenernya untuk masuk FK ga harus bener" pinter kok, cuma memang butuh kerja keras dan dedikasi buat ketrima.. tau sendiri tiap tahun persaingannya cukup ketat apalagi di FK PTN..
      untuk bahasa buku ada plus minusnya sih. Kalo indo lebih mudah dipahami, cuma memang ada beberapa kata yg memang ga bisa ditranslate dan pemahamannya kadang agak beda sama versi aslinya.. utk buku anatomi lebih baik yg indo aja, utk buku lain kalo memang serius ada minat ke bidang itu dan kamu mahir bahasa inggrisnya lebih baik yg bahasa inggris.. ;)

      Delete
  16. buku pegangan mahasiswa FK harus sma ya sma dosennya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga mesti kok hehe.. tapi kadang bahan ujian bisa dari textbook yg dipegang sama dosennya

      Delete
    2. kira2 ada ga ya buat KT saya? judulnya pengaruh menggunakan earphone di telinga saat mendengarkan musik?

      Delete
  17. kak, dmna ya beli buku2nya itu? sya bingung hrs belli dmana hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di togamas biasanya yg jual, kalo sekitaran surabaya beli aja di surya copy center sebelahnya fk unair ^^

      Delete
  18. Kak saya ini maba FK UHT ni saya mau tanya beli textbook itu biasanya disarankan oleh dosennya ?, kalok UHT gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Saya maba fk uht 2018. mau tanya tanya tentang buku apa aja yg dipakai fk hang tuah kak, saya bingung kak, takutnya kalau beli semua nanti takut ga kebaca. mau menghubungi kakak dimana ya?

      Delete
    2. haloo maaf baru buka blognya nih, kalo buku yg di fk uht hampir sama kayak di atas yg tak jelasin, cuma kalo ga mau beli semua kamu bisa pinjem di perpus, siapin keperluan administrasinya aja. pinjem di sana durasinya 1 minggu kalo kurang bisa perpanjang lagi

      Delete
    3. kalo mau kontak coba lewat twitter aja @iadharp , kalo mau ketemu langsung takutnya ga ketemu soalnya udah DM skrg tiap beberapa minggu ganti stase 🤭

      Delete
  19. ka penting banget gak sih beli ebook kalo ada yg nawarin gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo maaf baru balas.. tergantung kamunya dek kalo ebook coba cari dulu di google siapa tau ketemu gratisannya, kalo ada modal lebih enak baca buku fisiknya sih, lebih mudeng

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. min, mau nanya nih kalo buku tentang saraf bagusan baca buku apa ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saraf ada buku DUUS yg lengkapin anatomi secara lengkap, terus ada saraf buku UNAIR yg sampulnya MRI otak (secara disini kiblatnya ke UNAIR ya), terus bukunya prof sidharta bagus juga walaupun agak njelimet buat saya :D

      Delete
  22. Silahkan Beli juga di Buku-Kedokteran.com

    Salam

    ReplyDelete
  23. Haloo...
    Kami menyediakan puluhan Ebook Kedokteran, farmasi, kesehatan dan Biologi.
    Hanya Rp. 5000/Ebook.

    Ebook akan langsung dikirimkan ke email kamu yaa
    Silahkan cek & ricek di link berikut =>> http://biologi.epizy.com/promo-ebook/

    ReplyDelete
  24. Kalo sama dosen boleh pake ebook atau harus pake buku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tergantung kebijakan masing" dosen ya biasanya, kalo di FK ku terserah mau pake ebook atau buku asli

      Delete
  25. Kak, bukunya bisa bli online gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo maaf baru bales, dah setaun lebih hahaha, bisa kok, ada versi fisiknya maupun ebooknya

      Delete
  26. kalo buku anak fk itu sebaiknya yg bahasa indonesia atau bahasa inggris?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau yg bagus lebih rekomen english, soalnya terjemahan ke Indo kadang lebih njelimet, plus kebanyakan sumber pustaka bukunya kan dari jurnal berbahasa Inggris. Tapi balik ke pribadi masing" sih hehehe. Nilai plus banget kalo bisa berbahasa Inggris aktif, minimal pasiflah

      Delete
  27. Mau nanya dong kak, itu buku kan ada edisinya yaa, kita beli yang di rekomendasikan aja atau semuanya dari awal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli yg edisi terbaru lebih disarankan, biasanya ada updatenya walau ga banyak. kalo aku pribadi buku biokim sama anatomi harus ada. yg lainnya tergantung preferensi pribadi

      Delete
  28. Kak, klo rekomen buat buku jiwa apa ya?hehe. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti tak bikinin artikelnya ya, setelah UKMPPD. kalo yg udah lanjutan based on experience pas koas hahahahaha

      Delete
  29. update dong dok ebook kedokteran yang bahasa indonesia

    ReplyDelete